Minggu, 21 Juli 2013

Asrama Perawat



Tulisan ini sebenernya sudah lama banget mau di buat..tapi susah juga kalau di krumunin krucil-krucil ku..tapi skrng mumpung banyak waktu dan semangat mau nulis ada jadi lets do it...
Cerita ini adalah flashback 22 tahun yang lalu saat-saat baru masuk Akademi Keperawatan...banyak kenangan disana..mumpung belum pikun ayooo menulis, biar pas masa tua nanti ada kerjaan dan ada yang dikerjain....hihi

Selain hobi baking cake alias bikin kue, ternyata hobi saya yang lain adalah baca blog dan menulis, di mulai dari 4 tahun yang lalu saya buka blog jenis multiply deh, di situ saya tulis semua perjalanan dan pengalaman yang menurut ku di tulis untuk dibaca nanti sama anak dan cucu, walau saat ini bahasa indonesia yang saya pergunakan adalah bahasa gaul yang campur aduk but I’m comfort do write this experience so lanjuttttt ..

On August 1991, saat itu gue LULUS SMA!! Yah rencana pengen banget kuliah di UI salah satu Universitas yang waktu itu bener-bener susah dan bergengsi,  My dream to continue this faculty, tapi Nyokap wanti-wanti supaya masuk ke Academy Of Nursing..yah keperawatan  coz my sista Siti Rodhia sudah lebih dahulu di terima di USU Medan, saat itu yang gue pikirin adalah masuk UI bagaimana caranya gue bisa masuk test tsb (kayaknya karena temen yg gue taksir ada di Gunadharma kan deket tuh ama UI hehehe ampun deh masa jahiliyah )finally gue masuk ke Diploma3 di UI yg waktu itu tes nya di luar UMPTN (tes masuk perguruan tinggi negeri) tapi  tapi tetep nyokap nganjurin untuk masuk AKPER...dan bilang kalo gue nantinya bisa melanjutkan ke sana...(tapi bener banget deh omongan nyokap...dream come true ternyata after gue lulus AKPER gue bia lanjut ke UI di FKM...love u moms) .
August 1991 saat itu hari terakhir ternyata untuk pendaftaran AKPER,  mulai di timbang berat badan di ukur tinggi nya dan di berikan syarat-syarat masuk AKPER tsb, semua itu gue jalani dengan males-malesan dan tidak bersemangat...gue berharap pada saat test gue kerjain tuh soal asal-asalan dan tidak lulus masuk.

Pada saat tes ternyata alhamdullilah bisa dikerjakan, ..hem yang buat males  ternyata semua peserta nya PEREMPUAN…. Catet perempuan semua..oh no….? hahaaa bener-bener masa jahiliyah pengennya dikelas ada cowo
Pertamina gak menerima siswa laki-laki..wah bisa jadi barang langka deh cowo.. ternyata lagi gue baru tau kalau uang bayaran nya masih di subsidi oleh Pertamina makanya nyokap semangat nguliahin gue disini dengan alasan biar gue gampang masuk kerja. Finally setelah LULUS tes  ..pada saat itu yang lulus 40 orang, dengan beraneka ragam suku bangsa hehee  besoknya nyokap mulai mencari kos untuk tempat tinggal karena jarak yang lumayan jauh dari rumah ke kampus, saat itu gue masih inget pas di ospek gue pergi pagi-pagi jam 4 subuh dengan bokap ...
Ospek adalah saat yang menurut gue paling berkesan selama kuliah di Academy of Nursing , Jam 5 subuh kita sudah harus jalan kodok yaitu jalan jongkok dari mulai Apotik (dulu depan RSPP ada APOTIK yg saya lupa namanya apotik Borobudur kalo gak salah) sampai lapangan Heliped (lapangan besar di RSPP) kira-kira 100 meteran lah kita semua jalan kodok, terus kita semua senam pagi dan mulai deh di bentak-bentak,...untuk yang terlambat hukuman nya lebih sadis lagi selain lari keliling heliped yang besarnya lumayan , ada temen gue yg always di  hukum karena terlambat Mona dan Setiorini...Monce (panggilan akrab mona) rumahnya paling deket dari RSPP Cuma 10 menit, tapi herannya paling sering telat hahaa mungkin karena dia cuek dan menganggap semua mudah, selain itu Santi dewi dan Ely Zahrah juga paling sering di hukum karena wajahnya yang innocent , ah kenangan manis... yang lucu lagi, temen gue satu kampong di priok, Wiwik otoy setiap hari memperdayakan pacarnya untuk nganterin pake motor dari priok ke blok M mulai dari jam 3 subuh , pas kebetulan kakak kelas udah stand by depan apotik dengan berkecak pinggang untuk melihat adek-adek kelasnya  yg datang…dilalah pas banget tuh pacar wiwik (asril) nurunin depan kakak kelas, dengan spontan nya si wiwik langsung kasih uang goceng (lima ribu) sambil bilang “Makasih ya bang” layaknya tukang ojek sang pacar langsung kabur dan ngerundel dalam hati…ampyunn dehh udah cape-cape dianggap ojek hahaaa  
lain cerita pernah kakak kelas kita menginstruksikan untuk  bawa Jeruk yang di cap RT lah, bawa krupuk aneka macem, bawa masakan untuk makan siang yang jenis nya macem-macem sampe Deny salah satu temen buat sayur lodeh pake susu karena gak nemu santan , yang akhirnya siang mau dimakan sudah basi tapi terpaksa dimakan karena takut sama kakak senior..hikss
 Thanks to Kak Sandra, kak Susil,Nungki, kak Lily Marlina..semua sukses membuat kita takut hihihii dah gitu kita harus ngapalin hormat shogun yg isinya  masih apal banget “HORMATO SHOGUNO SHAWARA KHATONO BAKAROPANO HAIKKK” yg sampai saat ini saya juga nggak mengerti artinya apa? Hahaa  macem-macem lah yang aneh bin ajaib ..semua itu membuat kita jadi agak kesel tapi berkesan banget.
Awal-awal perkuliahan kita berkampus di SIMPRUK, jadi nyokap memutuskan untuk mencarikan kos di daerah tersebut. Finally dapatlah sebuah rumah baru punya orang betawi yang kita bisa sharing, rumah tersebut kita sewa dengan patungan atau share dengan 3 temen gue lainnya (Iim, Deny, Elay). Senin sd Jumat kita kuliah naik bus Kopaja 608 kemudian sore nya mulai berkeliling mencari makanan untuk malem...jumat sore kita udah siap-siap bawa seabrek pakaian kotor yg belum di cuci..dan kembali lagi minggu sore begitu seterusnya..eh tapi temen ku yg unik Ely Zahrah gak pernah bawa baju kotor deh..karena hobby dia NYUCI BAJU…catet…kerjanya ngrosek-ngrosek kamar mandi dan ngerendem baju sampe pernah gak teguran ama Iim gara-gara Iim pake ember nya ely lama banget (Iim paling santai nyuci baju bisa 3 hari sekali hihiii terus direndem gak dicuci-cuci ) duh sweet memory…kalo bĂȘte kadang kita juga gak pulang ke rumah tapi nonton di Blok M (saat itu bioskop 21 paling top banget deh..) makan di food cort atau shopping di Mayestik di swalayan Esa Genangku, herannya kok gue bisa ya shopping kaos, kosmetik, nonton, hehe kayaknya boleh ngirit dari uang belanja mingguan...makan dengan tempe mendoan yang penting bisa beli kosmetik la tulipe yang saat itu harganya lumayan untuk kantong mahasiswa..sorry to my moms yg always memberikan gue uang saku tapi sebagian di pake untuk beli yang ga bermanfaat...hihi

Semester satu semua kita lalui dengan teori Biologi, Anatomi Fisologi, Psikologi, dll..yang berkesan buat kita di semester ini adalah pelajaran Haemostatis pelajaran bu Aflah...haemostatis adalah keseimbangan.. saat itu kita di suruh presentasi  masing-masing kelompok untuk menerangkan apa itu keseimbangan...halahhhh pd saat itu lah perkuliahan yang paling membosankan buat gue, dari semua temen  40 orang kayaknya yang paham Cuma RITA deh.. satu”nya murid paling smart dikelas yang saat ini dia jadi DOSEN (cocok deh rit hehe.) gimana kita mau mengerti pelajaran bu aflah..dari awaal aja dia udh buat kita stress dengan harus membuka buku FUNDAMENTAL OF NURSING buku yang tebelnya amit-amit deh dengan english methode...jaman dulu si mbah GOOGLE belum ada trasletter jadi kita pake english dictionary manual, kalo sekarang sih enak mau cari apa aja lihat internet..jaman dulu gue kuliah HP aja boro-boro ada …msh serba manual deh 
 oh ya lanjut  yang paling berkesan adalah pelajaran Bahasa English Mr. Tampubolon... Mr tampu buat kita always ketawa ceria karena temen-teman ternyata masih banyak yang Medok bahasa daerahnya sehingga terdengar aneh di lafazkan englishnya terutama endang DJ (sori ya je,,hehe asli aksen Purwodadinya )  semua dosen  bertanya darimana kita asal kita , Aning dari kebumen, Acih tah dari kuningan (ada tambahan tah krn dia selalu cerita pake akhiran dan awalan tah) Dearma dari Medan, deny dari Palembang sekolah di Yaktapenna, btw bangga banget deh deny bisa sekolah di yaktapenna  heh, pokonya buanyak deh yang gak bisa gue ketik satu-satu, semester ini gue lalui dengan lancar selancar gue yang selalu naik tangga kayu  beli makan siang ke warteg simpruk di belakang tembok tinggi gedung Pertamina hehee..

Lanjut ke Semester dua , pada semester ini kita sudah mulai menggenakan pakaian seragam nurse putih dengan topi dan sepatu serta mulai praktek ke RSPP..hem semester ini berkesan buat gue dan temen-temen karena pada saat itu kita semua di shooting untuk iklan paramedis yang always ada di tv..hem gue sempet ngetop sampe di medan hahaaa...yang paling kesorot sama kamera si Acih tah asal kuningan...sama Dearma sayangnya jaman gue dulu belom ada sinetron sih, kalo ada pasti acih udah jadi artis sinetron deh.. angkatan gue terkenal sebagai angkatan ke 3, yg lumayan cantik..xixixiiiii lumayan? Krn masih ada yg lebih cantik lagi..yaitu kakak kelas Angkatan 1, mungkin karena baru angkatan pertama jadi disaring yang cantik-cantik juga hehe

Lanjut ke Semester 3 dan 4 atau tingkat 2 , pada sat ini kita sudah diperbolehkan dinas shift Pagi dan Sore.. saat itu teori dan praktek fifty fifty alias sama rata..semester ini kita di wajibkan untuk ikut dinas sampai dengan selesai dan trampil menggunakan jarum suntik, menginfus dan mengerjakan pekerjaan profesional keperawatan...ini baru namanya keperawatan, awal semester dulu kita dikenalkan perasat yang buat kita bengong dan males banget deh..yaitu melawa-lawa istilah membersihkan sarang laba-laba, mengepel, merapihkan tempat tidur (ada teorinya loh) yang menurut temen-temen itu semua bisa dilakukan oleh cleaner service...yah mungkin nih menurut gue jaman dulu semua pekerjaan tersebut dilakukan karena belom ada outsource Cleaner Service seperti sekarang..kalo sekarang  semua sudah dilakukan oleh Cleaner and Nurse Aid (asisten perawat) kita hanya memberikan layanan profesional yang terbaik untuk pasien.
Pada Semester ini gue pindah kos ke kawasan Depkes di Hang jebat karena sudah mulai dapat Shift sore dan bisa jalan kaki ke RSPP, selain bisa jalan kaki di kos ini ternyata kita bisa juga cuci mata sama temen-temen cowo di APRO (Akademi penata Rontgen dan ATEM) hasilnya temen gue menikah dengan cinlok di hangjebat ini dan skrng punya anak 3..wiwi hanny...hallo wi? Apa khabar? Selanjutnya di Depkes gue pindah ke rumah kos pak Kabul ber 2 sekamar dengan Iim alhamdullilah dapat bapak dan ibu kos yang luar biasa baikkkk nya...ada cerita lucu di kost” san pak kabul, sehabis makan malem Iim rupanya lupa cuci tangan karena saking kecapean belajar ...dia tidur dengan tangan masih berbau cumi yang saat itu jadi santapan malam nya...pada tengah malam gue kaget banget saat itu  Iim menjerit berteriak
kesakitan dengan luka yang berceceran darah...ternyata jarinya di gigit si miki alias tikus yang mengira jari Iim adalah cumi santapannya hehehee 
Sejak saat itu boim alias Iim jadi sering di sindir temen-temen supaya cuci tangan dulu sebelum bobok, sayangnya pak kabbul saat itu sudah mau pindah akhirnya gue pindah kos lagi dengan Osi yang sekamar dengan Acih disebelah kamar yang conecting door  gue dengan elay si chubby yang sexy (herannya sekarang tuh anak jadi gak chubby lagi kuruss malah terbalik dengan gue yang jadi super chubby hahaha)
Di tingkat 2 ini kita sering sekali dimarahin Direktur Akper bu Isnaini..karena memang angkatan gue tuh (angk 3) paling bandel...ngeyel..dan berani hihiii awal dinas di ruangan temen gue Wiwik otoy dengan percaya diri nya menerima telepon dari dokter yang dia gak tau bahwa yang telp itu dokter (jelas aja pada saat itu kita belum di kasih teori etika bertelepon) saat dokter menanyakan pasien, Wiwik santai menjawab, iya mas...makasih mas...rupanya kalimat MAS tersebut membuat dokter Suryo kesal dan melaporkan kelakuan anak muridnya hihihi...kita semua di sidang bahwa angkatan kita tidak sopan..miskin..tidak ada aturan...bla bla bla...tapi kita semua dengan ikhlas menerima bahwa semua itu adalah proses pembelajaran kita menuju tahap kedewasaan dan kematangan dalam berhadapan dengan klien dan teman sejawat...untuk bu Isnaeni terimakasih karena tanpa bimbingan beliau kami tidak bisa seperti sekarang.

Saat-saat training di lapangan banyak sekali kisah lucu yang akan gue tulis di sini, terutama pada saat kami semua dinas malam saat itu ada tamu berkunjung malam hari dan bertanya”Selamat malam suster..saya mau bertemu dengan suster Malam” saat itu temen saya yg namanya  dearma dengan ramahnya menjawab..iya pak, kami semua ini suster Malam (karena kami juga sempat berfikir bahwa bapak tersebut menanyakan suster yang dinas malam) ternyata bapak itu masih bertanya bahwa dia mau ketemu Suster malam ...sampai akhirnya perdebatan tersebut di hentikan oleh kakak senior yang ternyata kenal bahwa itu adalah saudaranya             suster Malam ( oalah..@tepok jidat ternyata malam itu adalah nama suster orang batak karo..suster Malam) hihiiii
Saya pikir kita semua gak salah harusnya tuh tamu bilang donk..mau ketemu suster yang Namanya Malam....begono...oh iya ada lagi nih Pada saat dinas di lantai 5, Eka temen ku di instruksikan oleh kakak senior untuk mengambil ADALAT 5 mg, pada saat itu Eka dengan tergopoh-gopoh mendatangi ely dan bertanya”ly Ada Alat 5 mg apaan ya? Saat itu kita semua yang masih polos juga bingung Alat 5 mg kan banyak? Ely nanya lagi ke saya Dum apa sih  alat 5 mg? Spuit/suntikan ya?”gue santai jawab iya kali spuit..abis bingung juga ada alat 5 mg...ternyata saat diberi spuit 5 cc  si kakak senior melotot dan heran...dia teriak saya minta ADALAT 5 mg bukan Spuit 5 cc!!!!! Yeeee bilang donk kalau Adalat 5 mg itu adalah nama obat, bukan Ada Alat ..kita kan baru praktek...kita kira Ada Alat apa gitchu  siapa yg salah coba hihihiiii

Kejadian di lapangan seru..lucu..sedih.., seru nya kalau ada pasien yang handsome, wah mulai deh ada yang tebar pesona (hasilnya dari 40 siswa Cuma Iim yang dapet pasien dan elay dapet anaknya pasien, oh ya tambahan dari heru ternyata Setiorini juga dapet anaknya pasien hehe) temen yang lain asli dari hasil nyari-nyari sendiri hahaha..ada juga kejadian GR alias gederasa..saat itu monce dinas di Hemodialise bersama Wiwik otoy..dia berdua di instruksikan kakak senior “Ade...ambil makan de”saat itu mereka berdua yg ke Geeran langsung menyahut, terima kasih kak kami sudah makan...eh si kakak instruksi lagi ambil makan de!..makasih kak akhirnya dengan naik darah si kakak senior teriak”Ambil Matkannn de!!!!! Tau matkan gak sih?? Itu loh mangkok bulat untuk buang ludah..bahasa belanda nya Matkan!!... yeeeeee siapa juga yang tau itu bahasa belanda kirain mau kasih makan kita hihiiihi
Jaman dulu kita praktek masih banyak nurse yang galak dan masih didikan belanda (skrng mah kalo suster yang galak nilai SMK nya jelek hehe)  punya kisah lucu tentang suster belanda, pada saat itu kita dinas di lantai 7 , temen-temen semua kalau sudah dinas di lantai 7 pada takutt..jiper sama ibu Paula ,,suster cantik putih bule dan bener-bener kayak orang belande..sebenernya doi gak judes Cuma tegas..tapi ketegasan beliau bikin kita gemeteran karena jika sudah memanggil dan berteriak”SISWI!!! Suster Paula langsung melihat dari atas dampai bawah penampilan kita..(harus bersih rambut rapi dan tidak boleh menor kayak lipstiknya deny yang orange) saat itu gue dan temen-temen sudah berdoa dan baca basmalah supaya bu paula Jinak…..dan ga manggil kita sehingga kita aman dalam belajar, hehe tapi ternyata saat rombongan kita selesai operan bu paula memanggil dengan lantang SISWI!! Wow kita semua langsung berhadapan dan ngibrit menghadap beliau dengan keringet dingin dan jantung mau copot...saat itu beliau melihat kita seperti biasanya,,,kita semua menunduk dan kemudian beliau ternsenyum sambil berkata ikut saya!..kita semua mengikuti dibelakang dan masuk ke ruangan..oalahhh ternyata beliau mau memberikan kita baju dinas dan sepatu yang masih bagus dan tidak terpakai lagi oleh kakak senior...duh ibu makasih ya kita kirain mau di marahin...alhamdullilah ini berkat baca basmalah sebelum bekerja jadi dapet rezeki deh...hehe

Btw semester ini adalah semester praktek  ke lapangan untuk mengasah perasat atau tindakan keperawatan sehingga nantinya kita trampil ditempat kerja
Temen saya yg lain si smart Rita menurut berita always menginfus dan melakukan tindakan yang berhubungan dengan obat, kalo berhubungan dengan PISPOT NO WAY..(sama juga sih ama gue hehe) abis  punya trauma ama yang namanya pispot...awal praktek kakak senior nanya ke kita siapa yang mau ke SpoelHoek.. wow dari namanya yang keren dan berbau belanda gue pasti pikir itu sesuatu banget deh...alhasil dengan semangat 45 gue berdua ely ngacung tinggi sambil teriak saya kak!!!! Ternyata oh ternyata spoelhoek itu ruangan pencucian alat-alat pispot urinal bekaas pup dan pipis pasien..hiks hiks..sambil menahan enek saya sama ely berhasil membersihkan itu semua dan pulang ke kost di marahin sama ely...Elo tuh yee udah tau tempat nyuci pispot kenapa elo mau?? Lah mana gue tau ly gue kira itu tempat yang keren and sesuatu banget gitu loh haahaah....

Semester 5 dan 6..semester ini kita semua pindah ke tempat yang namanya ASRAMA PERAWAT  or Boarding Nurse...dengan nuansa hijau berlantai 3 (saat ini sudah tidak ada lagi hiks hiks katanya ibet sih udah jadi Apartemen) yang berlokasi di Simpruk kita semua di angkut untuk tinggal disana sampai Wisuda ...awal pindahan kita di wajibkan memakai ember dan gayung yang sewarna...sebagai ketua kelas pada saat itu Deny menginstruksikan kita semua membawa ember dan gayung warna ORANGE warna favorit die...oalah..puseng liat warna ngejreng itu, finally kita semua berbondong-bondong ke asrama dengan memborong ember dan gayung warna oranye di Mayestik, sampe gue mau beli keabisan..udah diborong ama temen yang keduluan beli hahaha..pindahan ke asrama ada yang sewa mobil bak terbuka, ada yang sewa bajaj hahaa...lucu deh hari itu semua temen-temen gue sibuk mencari kamar dan teman pendamping...gue sendiri dapet kamar yg langsung menghadap lapangan jadi dapet udara segerr dan pemandangan yg seger juga donk.. alhamdullilah...btw gue sekamar ama Wiwi otoy asli orang priok temen sekampung   gue..sebelah kamar gue Monce dan Indah mereka satu kamar mandi dengan kita, krn asrama ini kamar mandinya conecting dengan 2 kamar... semua peralatan,lemari, tempat tidur, meja belajar semua lengkap di sediakan..kita hanya bawa pakaian dan alat-alat tulis, alhamdullilah sekali lagi thanks to Pertamina yang mensubsidi semua dana dan fasilitas untuk kita...Asrama yang nyaman untuk ukuran mahasiwa dan makanan yang bergizi Gratissss pula...
Kegiatan selama semester 5 dan 6 ini sangat berkesan sekali, ada suka dan duka....ceritanya setiap bulan kita ganti ketua kelas alias ketua asrama, bulan ke 2 setelah deny adalah Heru (cewe loh) saat itu ada peraturan bahwa bulan pertama sd kedua kita tidak diperbolehkan pulang ke rumah pada sabtu minggu...entah itu peraturan siapa yang buat yang pasti pada saat itu gue ada reuni SD di puncak dan gue memutuskan untuk pulang hari jumat dan kumpul hari sabtu untuk pergi menginap semalam di puncak bersama temen-temen SD, tapi kenyataan nya gue ditolak untuk ijin pulang...saat itu gue marah dan kecewa sama heru, karena gue pada saat itu pengen banget ketemu temen cowo yang gue taksir dah lama hahaaaaa tapi ada untungnya ya  gak di ijinin ama Heru! seandainya gue di ijinin mungkin  gak akan menikah sama Mr. W my lovely hubby hihihiiii.

Karena semua fasilitas termasuk makan dan antar jemput ke RSPP semua gratis...kita semua penghuni asrama jadi GEMBUL...pipi...lengan..paha..semua montok, yah maklum aja biasa nge kos makan dengan tempe mendoan terus dikasih menu yang asyik-asyik mulai dari sarapan pagi sampai dengan malam, uang mingguan or bulanan dari Ortu utuh..bisa buat ngebakso favorit kita bakso Slamet yang wenakk tenan...kita punya supir pula namanya MAS KARNI...hihi..mau dines apapun malem siang pagi..siap menjemput kita semua...akhirnya kita semua jadi manja dan ke enakan sehingga badan jadi gembul...lanjut cerita.. di asrama ada tradisi ultah yaitu di siram dengan air yang berisi campuran-campuran sisa makanan, minyak, susu, wah pokoknya menjijikan deh..pasrah untuk yang Ultah di pegangin terus di siram alias di guyur kmd rame-reme kita bagi-bagi kue (wajib) waktu Ultah nyaMiss Rina tanggung (dibilang mis tanggung karena semua pekerjaan atau instruksi yang diberikan oleh ketua kelas dijawab ntar tanggung..tanggung..dan tanggung..pada saat itu miss tanggung di siram sekujur tubuhnya dan dia rupanya tidak terima diperlakukan seperti itu finally dia bawa ember berisi sisa-sisa makanan bekas dan berlari mengejar orang-orang yang menyiramnya...suasana sangat gaduh dan mencekam, semua temen pada berlarian dan berteriak ketakutan...suasana seperti mencekam..kita semua saling mengunci pintu..sementara mis tanggung seperti zombi yang siap menerkam mangsanya hahaha, suasana serem ini berakhir setelah kakak senior di lantai 2 teriak ke lantai 3 dan marah karena berisik hihiiii...(yang marah kak restu, kak hetty dan kak elitha penghuni tetap di lantai 2..sorry ya kak )yg lucu lagi waktu ulang tahun jenot alias Jenny, biar orang batak tapi Jenny lama diperantauan dan SMA di yogya jadi tutur katanya lemah lembut ...pokoknya ngak kayak orang batak deh, Deny yang pada waktu itu ingin ngasih surprise dengan menepok telur ayam ke kening Jenny berakhir dengan tragissss...ternyata yang di tepok deny itu telor mateng sehingga susah pecah dikening Jenny walhasil deny kena gampar deh krn keningnya jenny sampe merah dan benjut eh  tuh telor gak pecah-pecah hahahaaa..tapi itu semua just story yang kita kenang sebagai kenangan manis hemm we are the best friend forever and ever.
Asrama yang membuat kita menjadi enak makan, minum dan tidur walau stress saat mau ujian tapi kayaknya temen gue monce berhasil lagi ngerjain tiurma alias TIUR...waktu itu 17 agustus kita semua gak pulang karena saat itu kita sedang menghadapi ujian kebetulan hari minggu menu asrama nasi kuning, monce yang sering ngerjain bilang ke temen-temen bahwa ibu asrama kita “suster leony” ulang tahun..pertama kali yang mengucapkan selamat ulang tahun adalah tiur...selamat ulang tahun ya suster...di ikuti semua temen-temen..suster leony kebingungan menyadari dirinya tidak ulang tahun dan diselamatin semua siswi kemudian dia teriak...saya tidak ulang tahun hari ini..hari ini ulang tahun kemerdekaan (dengan suara khas belanda) mami leony langsung melengos pergi...finally si monce pada dilempar bantal oleh temen-temen karena berhasil menipu....hihiiii
oh  boarding school  menyenangkan....

Tingkat 3 pertengahan kita mulai KKN alias kuliah kerja nyata yaitu mengaplikasikan ilmu kita ke masyarakat, KKN ini ada 2 tahap, tahap pertama kita ke RS Jiwa Bogor, yaitu bagaimana cara kita merawat dan mengkaji secara profesional bidang keperawatan terhadap pasien-pasien jiwa...disana kita di asramakan dan mulai setiap hari bergabung di bangsal untuk mengkaji asuhan keperawatan pasien...wah awalnya ngeri juga tapi ternyata kita semua enjoy karena di bimbing oleh dosen yang berpengalaman..gue inget temen gue si acih  sempet simpati pada pasien jiwa yang ganteng...weleh-weleh..acih tah jangan marah ya..karena dikau always ada di hatiku..kita selalu ber 7 bareng dari absen A (acih) sd absen E (eka) makanya doi paling sering gue ceritaian, oh ya dari pasien-pasien jiwa ini gue mendapat hikmah dan bisa belajar bahwa hidup ini adalah seperti air mengalir..let it flow...so kalau merasakan beban or masalah yang luar biasa berat biasakan untuk bersabar..tawadhu..kembali pada agama sehingga ayat yang menyatakan bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan kepada umatnya jika tidak mampu untuk memikul cobaan tersebut, jika Allah memberikan cobaan ...kita harus yakin bahwa semua itu sudah kehendakNYa dan insyallah ada solusinya dan kita pasti bisa melewatinya..jika tidak yah seperti pasien di RS JIWA inilah...para pasien jiwa tersebut tatapan matanya kosong dan hampa, bagi mereka yang tidak punya keluarga pastinya tidak akan begitu terawat baju robek-robek, dekil dan bau tidak seperti pasien yang sering dikunjungi keluarga, rapih, bersih sampai kita tidak tau kalau pasien ganteng yang bersih dan cakep itu ternyata Schizoprenia...
Tidak terasa selesai juga praktek lapangan ke RS Jiwa di Bogor, tetep kita semua tidak lupa untuk narsis foto di Studio Alam...ke mega mendung jalan-jalan sampai ke Kebun Raya Bogor.

Edisi ke 2 KKn kita beralih ke Cikarang di LEMAH ABANG nama desa nya kok  lupa saking gue berkesan banget ama tuh kampung...gimana gak berkesan kelompok gue ber enam pulang dari sana kena tyhpoid semua...awalnya kita ke kampung nginep di rumah ibu-ibu yang aktif di pos yandu atau PKK gitu deh..nah rumah yang gue tempatin itu tidak punya WC..kamar mandinya lumayan agak luas, tapi WC nya tidak ada..jadi kalau mau BAB (maaf ya) kita harus terbirit-birit ke kali yang di bawahnya adalah ikan-ikan peliharaan (ikan mas, lele, nila,dll)  gue yang jelas-jelas tidak biasa buang hajat di rumah orang ini ditambah untuk buang hajat di tengah kali hihiiii ngak janji deh...hasilnya saya jadi ngak nafsu makan berharap tidak PUP dan menunggu seminggu untuk balik ke asrama Lemah Abang di cikarang, akhirnya kondisi  drop..makanan yang disajikan di rumah ibu angkat kita dikampung pun sepertinya ikan yang dari sungai yang buat saya mau menangis dan inget emak di rumah,,,hihiii pelajaran yang gue dapat dari sini adalah : BERSYUKUR ATAS NIKMAT ALLAH karena masih banyak yang hidup dibawah garis kemiskinan padahal  jaraknya tidak jauh dari jakarta Cuma 2 jam ..masih banyak yang belum faham pentingnya kesehatan dan perlunya jamban atau kakus di rumahnya, kita bersyukur punya WC, orang tua  biar sederhana tapi selalu menerapkan dan memberikan gizi yang terbaik untuk anak-anaknya....saat inget nyokap gue langsung nangisss, malem itu badan gue meriang panas dan semua teman sudah pergi ke kampung, gue stay di asrama lemah abang karena positif terkena tyhpus disana..saat ini saya baru tau kalau ternyata kuman typus asalnya dari makanan yang pada waktu gue makan di kampung tercemar oleh lalat, saat itu kita makan siang di rumahnya di laantai...diluar pintu terbuka lalat masuk dan mulai menyerbu..lalat adalah binatang paling menjijikan apabila dia hinggap dimakanan dia selalu membuang kotorannya (pup) terlebih dahulu kemudian baru menghisap sari-sari makanan, hiiii jadi usus gue luka krn kotoran si lalat tersebut masuk ke lambung ...tp alhamdullilah Allah selalu melindungi disaat gue panas ..ada bu dedeh dosen  dari AKPER datang  untuk menginap dan menemani gue di Asrama lemah abang sampai 2 hari kmd gue meluncur ke kampung untuk balik lagi melakukan presentasi dan memberikan penyuluhan ibu kalau tidak bersih dalam pengelolaan makanan  ...herannya kenapa semua penduduk disana nyaman-nyaman aja ya tidak punya jamban..dan asyik aja Pupnya di makanin ikan-ikan peliharaan mereka...sementara penderitaan ternyata tidak sendirian semua temen juga senasib, para ibu angkat mereka tidak punya jamban...Miss tanggung Rina dijuluki Doltik alias Modol di Plastik yang mana plastik tsb  di lempar untuk umpan ikan-ikan di kali..herannya tuh ikan dapet kado dari mis tanggung kok yah pada berebutan...hihiiiii
KKN ini berakhir dengan perpisahan dan saya di suruh direktur bu Isnaini untuk bicara di depan forum dan menceritakan semua pengalaman kesan dan pesan selama di kampung lemah abang..gue gak bisa bercerita yang sedih-sedih karena di depan gue ibu angkat gue melototin gue berharap cerita ke publik yang bagus-bagus aja ...hihiii yang pasti ucapan saya Cuma terima kasih atas bimbingan dan asuhan selama kami semua berada di rumah ibu..bla..bla...bla...terakhir kami nyanyi vocal group yang sampe saat ini nih kalo denger lagu itu gue keinget lagi lemah abang dan terkaparnya saya di asrama lemah abang..salah satunya lagu Hari Mukti yang selalu di setel si Udin alias Diana dan lagu english ...follow me..follow me..dengan gaya yang kompak.

Sepertinya kalau inget masa-masa diasrama pengen deh balik lagi ke masa tersebut...bisa bercanda..cowo ganteng kita kasih julukan BL alias Barang Langka, saling mensupport, saling bersaing sehat dalam memperebutkan nilai ujian, dan kami pun semua bisa LULUS semua dengan nilai yang alhamdullilah.

Cerita ini tidak bisa di ceritakan semua akan tetapi cukuplah berkesan untuk disimpan di blog aku yang nantinya bisa dibaca anak cucu...semua kisah sepenggal perjalanan selama di Academy of Nursing berakhir ..saya minta maaf sama temen-temen yang namanya di sebut di sini bukan maksud   mengejek..but you are still in my heart..forever and ever...
Alhamdullilah buat semua temen-temen  yang pada sukses ..saya bahagia lahir dan batin melihat kesuksesan teman-teman semua baik yang berkarir sebagai ibu rumah tangga (Heru, Kartini, Osi,shareyna kalian adalah the best Moms in ur family..I’m Proud of You) maupun yang masih berkarir dan setia menjadi Nurse di Rumah Sakit Pertamina Jaya Miss Tanggung Rina, Elay ,Cici,Wiwik Otoy,  Jenny,Aning..semoga kalian semua sukses ya.. RSPP (Inne, Ibet, Denny, Vero, Acih tah, Sari, Iim dan wiwi yang sudah jadi penghuni Ruang Operasi...wah banyak deh yg gak bisa gue sebutkan satu-satu sukses yaa..Untuk yang berkarir di luar keperawatan..sucsses for us and the last our friend Dewi RS Cirebon, Evi bos Dinas kesehatan yang sukses ngerjain gue waktu tes kesehatan saat berangkat haji tahun 2009 (cerita nya saya di introgasi secara sinis oleh evi yg pd saat itu panitia tes kesehatan calon haji ,wajahnya pada  saat itu ditutup dengan masker sehingga gak keliatan ...dan sukses membuat saya ketakutan karena pertanyaan nya sinis hehehe  ternyata setelah dia buka masker dan bilang surpriseee kita teriak kenceng dan buat semua jamaah haji berdiri dari duduk antrian hahaha) lucu deh ,kak desi, tiur, endang dj, rita, nur, santi dewi, semua deh i love u poll...yo wis ... to be continued
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar